Senin, 09 Juni 2014

Perbedaan Haji Dan Umroh

Mengenai Ibadah umrah boleh dilakukan kapan pun Jika kita mau dan mampu. Perbedaan antara ibadah umrah dan haji adalah jika saat beribadah haji umat muslim melakukan wukuf, mabit, dan melempar jumrah, maka umrah tidak melakukan ketiganya.
Haji dan umrah memang memiliki beberapa kesamaan yaitu sama sama mengunjungi Baitullah untuk beribadah kepada Allah. Namun haji dan umroh memiliki perbedaan mendasar yang perlu diketahui setiap umat sedari dini. Berikut ini adalah perbedaan-perbedaan antara haji dengan umroh :


Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah dari Untuk Waktu Pelaksanaan
Haji dan umrah adalah ibadah yang, menurut kaca mata orang awam Indonesia, sama; “pergi ke Mekkah”. Namun, sejatinya keduanya memiliki perbedaan penting. Haji, sering disebut sebagai haji besar, hanya sah \ bila dilaksanakan setahun sekali pada musim haji/bulan haji yakni 9-13 zulhijjah. Sedangkan umrah, kapanpun anda ingin pergi beribadah umrah maka itu bisa dan sah dilaksanakan. Artinya, Ibadah umrah dapat ditunaikan setiap waktu sepanjang tahun.
Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah untuk Tata Cara Pelaksanaan (Manasik)
Dalam prakteknya, orang yang menjalankan urutan-urutan ibadah haji berarti ia sudah melakukan praktek umrah. Karena umrah ‘hanya’ terdiri: niat, thawaf dan sa’i, memotong rambut/tahallul . Sedangkan haji, meliputi semua tata cara umrah ditambah dengan (dan inilah perbedaan mendasarnya) wuquf di ‘Arafah, menginap di Muzdalifah dan di Mina, serta melempar jumroh.

Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah dilihat dari Segi Hukum
Status “WAJIB” telah menjadi ketetapan hukum haji. Di kalangan ulama’ tidak ada perbedaan dan perselisihan dalam hal wajibnya menuaikan ibadah haji bagi orang yang mampu. Sedangkan mengenai wajibnya umrah (bagi yang mampu melaksanakannya), para ulama berbeda pendapat; sebagian mengatakan wajib, dan sebagian yang lain mengatakan tidak wajib.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Perbedaan Haji Dan Umroh. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.muslimtravelku.com/2014/05/perbedaan-haji-dan-umroh.html. Terima kasih!
- See more at: http://www.muslimtravelku.com/2014/05/perbedaan-haji-dan-umroh.html#sthash.68I3GqpT.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar